Jumat, 06 Mei 2016

Awas! Kegemukan Juga Bisa Menular



Ya, sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa kegemukan bisa menular melalui kuman yang ada di perut yakni Clostridium difficile (C.difficile). Pertumbuhan kuman ini bisa memicu ketidakseimbangan biota perut yang berdampak pada gangguan metabolisme, termasuk obesitas.

Dalam penelitian ini, untuk pertama kalinya para ilmuwan dari Wellcome Trust Sanger Institute mengungkap bahwa spora C.difficile bisa bertahan hidup di luar manusia. Artinya saat berada di luar tubuh, spora ini bisa masuk dan menginfeksi orang-orang di sekitarnya.

Spora merupakan bentuk hibernasi dari bakteri, yang sifatnya dormant atau tidak aktif selama periode waktu yang lama. Pada kondisi tertentu, spora tersebut bisa kembali hidup atau aktif lagi.

Menurut penelitian ini, sekitar sepertiga mikrobiota dalam perut manusia sehat memproduksi spora. Di udara terbuka, spora C.difficile bisa bertahan hidup dan berpotensi menulari orang lain. Penularan seperti inilah yang belum pernah diperkirakan sebelumnya.

"Telah ada peningkatan bukti bahwa komunitas mikrobia memainkan peran besar pada kesehatan manusia maupun penyakit," kata Hulary Browne dari Sanger Institute yang melakukan penleitian tersebut, seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (6/5/2016).







Cr : http://health.detik.com/read/2016/05/06/161531/3204739/763/awas-kegemukan-juga-bisa-menular?l992205755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed by Animart Powered by Blogger